Ampuh Tingkatkan Selera, Berikut 4 Jenis Makanan Khas Bali yang Wajib Dicoba

Sate Lilit

Daya tarik utama yang dimiliki Indonesia dan telah tersohor hingga penjuru dunia yakni keindahan alam di Pulau Bali. Wisata alam yang tersebar luas di pulau ini memang menyimpan panorama yang sangat mengagumkan. Selain wisata, Bali pula memiliki beberapa makanan khas yang ampuh meningkatkan selera. Ingin tahu apa saja makanan khas Bali yang wajib dicoba? Berikut ulasannya.


Sajian Kuliner Khas Bali


1. Sate Lilit

Olahan kuliner pertama yang patut dicoba ketika berada di Pulau Bali yakni sate lilit. Sesuai dengan namanya, makanan khas ini memang berasal dari daging yang dililitkan di sebuah tangkai bambu atau batang serai. Hidangan ini pastinya terdengar sangat unik, pasalnya sate pada umumnya ditusuk bukan dililitkan pada batang bambu yang telah dipipihkan.


Namun sebelum dilekatkan, daging dicincang atau dihaluskan terlebih dahulu dan diberikan campuran berupa bumbu dari rempah khasnya. Biasanya daging yang digunakan untuk makanan asal Bali ini yakni ayam, sapi, babi, dan ikan tenggiri. Usai daging ditempelkan di batang bambu, sate dibakar diatas bara api hingga matang.


2. Nasi Jinggo

Makanan khas Bali selanjutnya yang bisa ditemukan di Bali yaitu nasi jinggo. Disebut pula dengan istilah nasi jenggo, sajian kuliner ini merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Selain nasi, di dalamnya pula terdapat beberapa lauk lainnya. Lazimnya, lauk tersebut terdiri dari mie goreng, tempe goreng, daging ayam suwir, atau yang lainnya.


Karena lauknya cukup sederhana, sehingga anda bisa mendapatkannya dengan harga yang bersahabat tentunya. Meski begitu, ketika anda menyantapnya sensasi yang begitu luar biasa akan melebur di dalam mulut. Terdapat pula sambal super pedasnya, yang melengkapi sajian kuliner paling menggugah selera satu ini. Apalagi jika disantap sembari menyaksikan keindahan Bali.


3. Ayam Betutu

Salah satu menu andalan yang kerap diincar oleh para wisatawan ketika berada di Pulau Bali yakni ayam betutu. Diolah dengan beragam macam rempah khasnya, makanan khas Bali ini memang menarik perhatian pelancong untuk mencicipinya. Bagaimana tidak, aromanya yang begitu menggiurkan ampuh membangkitkan selera untuk menyantapnya.


Terlebih lagi, jika disantap dengan nasi hangat dan es teh yang manis, pastinya akan terasa sangat menyenangkan. Namun kuliner khas ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan, karena teksturnya yang cukup pedas. Sehingga bagi anda yang tidak menyukai olahan pedas, lebih baik memilih makanan lainnya. Jika penasaran dengan rasanya, cobalah mencicipinya sedikit saja.


Cara pembuatannya terbilang sangat menarik, dimana ayam yang telah dibersihkan akan dibumbui kemudian dibungkus dengan daun pisang atau daun pinang. Setelah itu, ayam tersebut akan dipanggang. Proses pemanggangan ini menggunakan panas bara api sekam, sehingga memakan waktu cukup lama yaitu sekitar sehari semalam.


4. Nasi Campur Ayam Bali

Hidangan selanjutnya yang bernama nasi campur ayam Bali ini, merupakan nasi yang dilengkapi dengan aneka lauk pelengkap. Dimana aneka lauk tersebut seluruhnya diberikan bumbu khas Bali. Misalnya saja sate lilit, suwiran ayam sisit bumbu Basa Genep Bali, sayur urap, hingga lawar ayam. Ada pula sambal matah yang siap melengkapi makanan khas Bali satu ini dengan segala kelezatannya.


Menikmati hidangan khas di Pulau Bali sembari menyaksikan keindahan alamnya, terasa begitu menyenangkan. Apalagi bila ditemani dengan orang tersayang, pastinya pengalaman berlibur menjadi lebih menarik lagi. Untuk itu, jangan sampai melewatkan mencicipi kelezatan beragam olahan kuliner yang telah tersaji di berbagai sudut Pulau Bali.

0 comments:

Post a Comment