10 Strategi Penjualan Online yang Wajib Diketahui Pebisnis

Tokotalk


Seorang pebisnis haruslah mengetahui strategi pemasaran online karena saat ini merupakan era digital. Hampir semua kegiatan bisnis beralih ke metode online, baik pembayaran hingga pemasaran. Berikut ini ulasan mengenai strategi pemasaran secara online yang harus diketahui oleh para pebisnis:

 

1.     Content Marketing

Content marketing adalah strategi yang memberikan informasi dan edukasi seputar produk yang akan kamu pasarkan. Tujuannya agar calon pembeli dapat mengenal lebih jauh mengenai produk yang ditawarkan. Buatlah content yang menerapkan soft selling, misalnya kamu menjual produk kecantikan berikanlah content tutorial make up dengan produk kamu.

 

Informasi yang diberikan dapat ditampilkan dalam beberapa bentuk baik narasi maupun infografis. Narasi dapat berupa menuliskan artikel, sedangkan infografis ditampilkan dalam bentuk komik atau gambar ilustrasi. Unggah content melalui akun social media dan website resmi sehingga mudah ditemukan.

 

2.     Mobile Marketing

Salah satu strategi pemasaran online di era digital seperti saat ini adalah dengan mobile marketing. Banyak orang sudah memiliki perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Melalui penelitian diketahui ada lebih dari 60% transaksi online dilakukan melalui perangkat mobile.

 

Salah satu cara menerapkan metode ini adalah dengan membuat website yang dapat diakses melalui perangkat mobile. Website dapat diaplikasikan dengan mudah dan tampilan terlihat menarik pada perangkat mobile. Buatlah calon pembeli nyaman berselancar di website kamu.

 

3.     Continous Marketing

Continous Marketing artinya kamu melakukan pemasaran secara terus menerus atau berkelanjutan. Kamu bisa memanfaatkan social media untuk melakukan strategi ini. Misalnya menampilkan iklan yang terdapat dalam fitur social media. Biasanya setiap social media telah memiliki algoritma untuk target audiens saat menampilkan iklan.

 

Algoritma mulai dari rentang usia, jenis kelamin, wilayah jangkauan, hingga minat audiens. Ketika menggunakan strategi ini sebaiknya Kamu memiliki data yang valid mengenai target audiens, sehingga target tersebut memanglah berpotensi untuk membeli produk yang dipasarkan.

 

 

4.     Visual Marketing

Visual marketing sebenarnya adalah bagian dari content marketing. Fokus strategi ini adalah dengan memanfaatkan visual seperti infografis, foto, dan video sebagai alat pemasaran. Dalam social media, content dalam bentuk teks dirasa kurang efektif.

 

Gunakanlah visual marketing ini untuk memberikan content di social media. Kamu dapat memberikan infografis atau video yang bisa mewakili seluruh informasi yang ingin diberikan. Kamu bisa menggunakan jasa desainer grafis dan video editor untuk membantu membuat visual marketing ini.

 

5.     Personalized Marketing

Strategi pemasaran online selanjutnya adalah personalized marketing. Kamu melakukan pemasaran secara personal sehingga produk yang ditawarkan sesuai dengan target. Melalui cara ini calon pembeli akan merasa dihargai karena pendekatan personal. Carilah data mengenai target pasar yang dituju agar lebih efektif.

 

6.     Integrated Digital Marketing

Selanjutnya adalah strategi integrated digital marketing. Strategi ini memanfaatkan sumber daya digital untuk memasarkan produk. Sumber daya digital yang dimaksud bisa berupa website, social media, atau Youtube. Melalui sumber daya digital ini Kamu dapat menampilkan ulasan produk, tutorial, link pemesanan, dan layanan pelanggan atau customer services.

 

7.     Search Engine Optimization

Search Engine Optimization merupakan strategi pemasaran online yang mengoptimasi website. Strategi ini dilakukan agar website bisnis Kamu akan muncul di urutan atas dalam mesin pencarian seperti Google dan Bing. Ketika website bisnis Kamu berada di urutan atas maka kemungkinan besar calon konsumen akan berpotensi membeli produkmu.

 

Strategi ini menggunakan artikel dengan memberikan kata kunci tertentu yang berhubungan dengan produk. Selain itu juga memberikan title tag dengan meta description untuk mempermudah mesin pencari memahami konten sebuah website. Penggunaan backlink juga biasanya digunakan untuk mereferensikan website bisnis.

 

8.     Social Media Marketing

Beradasarkan penelitan perusahaan media asal Inggris We Are Social dan Hootsuite ada sekitar 130 juta masyarakat Indonesia aktif menggunakan social media. Hal inilah mengapa social media sangat efektif digunakan untuk strategi pemasaran.

 

Banyak social media yang bisa digunakan, seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga yang terbaru yatu TikTok. Kamu bisa menggunakan semua social media atau pilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Social media marketing dan content marketing saling berhubungan. Apabila content marketing berisi informasi yang menarik, maka bisa dipastikan social media marketing berjalan dengan baik.

 

9.     Affiliate Marketing

Strategi pemasaran online affiliate marketing dilakukan dengan bantuan pihak kedua. kamu bisa bekerja sama dengan pengusaha lainnya atau influencer seperti bloger, vlogger, selebgram, serta youtuber. Apabila bekerja sama dengan dengan sesama pengusaha kamu bisa membuat kolaborasi.

 

Ketika bekerja sama dengan influencer kamu bisa berbagi keuntungan atau memberikan komisi kepada mereka. Misalnya influencer merekomendasikan produkmu dengan memberikan kode referal diskon kepada followersnya. Setiap penjualan dengan kode referal tersebut influencer akan mendapat komisi.

 

10.  Search Engine Marketing

Mirip dengan search engine optimization, strategi ini juga dilakukan agar website berada di urutan atas mesin pencari. Hanya saja dilakukan dengan iklan. Cara ini memiliki biaya yang lebih tinggi dibandingkan dengan strategi search engine optimization.

Ternyata selain mennggunakan social media sebagai sarana pemasaran online, penggunaan website juga sangat penting. Kamu yang belum memiliki website bisnis sendiri dapat membuatnya di TokoTalk. Buat website toko online di TokoTalk gratis dan dapat dilakukan hanya dengan waktu 3 menit.

TokoTalk memberikan tampilan website yang professional. Selain itu mudah dioperasikan baik oleh pelanggan maupun Kamu sebagai pemilik bisnis. Website juga dapat diakses melalui perangkat mobile sehingga membuat calon pembeli semakin mudah dalam berbelanja. Yuk segera buat website kamu di TokoTalk!

 

 

Referensi

https://accurate.id/marketing-manajemen/strategi-pemasaran-online-yang-wajib-anda-coba/

 

 

 

 

0 comments:

Post a Comment