4 Langkah Test Drive Untuk Mengetahui Performa Mobil Bekas Innova Masih Mumpuni

Toyota Innova


Melakukan test drive adalah hal penting yang harus dilakukan jika anda hendak membeli mobil bekas Innova ataupun jenis mobil lainnya. Bukan hanya memastikan kinerja mobil, tapi juga memastikan kualitas performa kendaraan apakah masih mumpuni atau tidak. Sebelum melakukan test drive, ternyata ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Penasaran? Berikut ulasan lengkapnya


Beberapa Hal Penting Saat Melakukan Test Drive


1. Inspeksi Bagian Interior Mobil

Dalam hal ini, anda bisa mempelajari dan mencoba semua bagian interior mobil baik yang berada di area kursi depan hingga pada area kursi bagian paling belakang. Anda pun bisa memulainya dari buka dan tutup kaca jendela, menyalakan AC mobil, hingga memeriksa bagian laci yang ada di bagian dalam mobil. 


Tidak hanya sampai disitu saja, coba juga untuk maju mundurkan kursi kursi untuk penumpang. Sedangkan pada fitur hiburan seperti radio, anda bisa tes volumenya apakah masih maksimal atau tidak. Bahkan, anda juga dapat mengecek semua fitur hiburan seperti bluetooth, hingga tempat DVD. 



2. Perhatikan Tingkat Kenyamanan Mobil

Langkah selanjutnya untuk melakukan test drive pada mobil bekas Innova, yaitu mengatur kursi pengemudi dan mengenakan sabuk pengaman. Pada poin ini, sesuaikan juga setelan naik turun stir dengan posisi badan dan tangan. Pastikan pula bahwa anda mendapatkan kenyamanan duduk saat berkendara. 


Ketika melakukan segala pengaturan tersebut, tentu anda bisa sekaligus memperhatikan apakah fitur terkait masih berfungsi dengan baik atau malah sebaliknya. Sebagai saran, test drive mobil sebaiknya tidak dilakukan dengan mengajak seluruh anggota keluarga, melainkan ajak satu orang yang sekiranya paham dengan dunia otomotif.



3. Periksa Performa Transmisi

Sebelum mobil dijalankan, periksa juga kinerja pada bagian transmisi mobil tersebut. Di sini, anda bisa menguji dengan cara memindahkan transmisi lalu mengamati perubahan yang terjadi. Pada mobil Innova otomatis, perpindahan transmisi setiap posisi idealnya tidaklah membutuhkan jeda waktu yang lama serta tidak menimbulkan hentakan keras. 


Sedangkan pada mobil manual, perpindahan setiap transmisi sejatinya tidak akan mengalami slip ataupun tersangkut. Selain itu, perhatikan pula bahwa mobil keluarga dari Toyota Innova umumnya memiliki kopling yang tidak terasa dalam saat diinjak. Begitu pula dengan kemampuan rem tangan dan rem kaki yang masih mumpuni. 



4. Perhatikan Pemilihan Jalan Saat Berkendara

Agar mengetahui lebih dalam soal performa mobil, anda bisa melakukan pengecekan dengan membawa mobil melewati berbagai medan ataupun jalan yang berbeda beda tipe. Hal ini dilakukan supaya anda bisa mengetahui dengan pasti kondisi rem dan juga setir kendaraan tersebut. 


Anda juga bisa berkendara melewati jalan yang tidak rata agar bisa mengetahui fungsi ataupun kondisi kaki. Dengan begitu, rasakan dengan pasti apakah sistem pengereman masih berfungsi normal atau justru sebaliknya. Yang mana idealnya mobil tidak akan mengeluarkan suara aneh ketika direm. 


Untuk melakukan tes pada setir, anda bisa belokkan setir ke kiri dan kanan secara bergantian. Apabila kondisi setir masih prima, maka tidak akan terasa berat dan juga rasa tidak ada rasa bantingan yang kurang enak. Bahkan sesekali anda juga bisa melepaskan setir mobil Toyota Innova ini untuk melihat apakah ada kecenderungan condong ke arah kiri atau ke kanan. 



Itulah beberapa informasi seputar langkah tepat yang harus diperhatikan jika hendak melakukan test drive pada mobil bekas. Tidak hanya berfokus pada fitur yang masih mumpuni, tapi pastikan juga bahwa performa mesin dan transmisi masih optimal, sehingga anda akan mendapatkan kenyamanan saat mengendarainya. 



0 comments:

Post a Comment